news


FIBERSTAR TUTUP PENGHUJUNG TAHUN DENGAN MENERIMA PENGHARGAAN TOP IT & TELCO 2018


07 Desember 2018, Jakarta - Kemajuan perkembangan dunia digital menuntut perusahaan-perusahaan untuk semakin adaptif dan inovatif dalam mengembangkan bisnis terutama di era disruptif seperti saat ini. Dengan banyaknya persaingan antar perusahaan, pemanfaatan teknologi IT menjadi salah satu alat untuk membantu mendorong terciptanya pengelolaan manajemen dan bisnis yang lebih efisien, efektif, profesional, dan berdaya saing tinggi. Untuk mengapresiasi keberhasilan implementasi IT di berbagai bidang perusahaan, It Works kembali menggelar acara penghargaan TOP IT & TOP TELCO 2018 yang didukung oleh berbagai praktisi profesional di bidang IT serta Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kemenkominfo) dengan mengangkat tema "Great ICT For Great Business In Digital Era".

Di tahun kelima penghargaan ini, FiberStar untuk kedua kalinya kembali dianugerahkan penghargaan TOP IT & TOP TELCO 2018 dengan kategori "TOP IT Implementation on IT Infrastructure Sector 2018" di peringkat pertama. Tidak hanya itu, Presiden Direktur FiberStar, Sugiharto Darmakusuma juga menerima satu penghargaan khusus yaitu "TOP Leader on IT Leadership 2018" atas keberhasilannya memimpin FiberStar menjadi perusahaan yang dapat mengimplementasikan pemanfaatan IT sebagai salah satu solusi digital untuk mencapai tujuan dan target perusahaan. Acara yang digelar di Grand Ballroom Hotel Sultan Jakarta ini juga dihadiri oleh Kepala Staff Ahli Menkominfo Bidang Hukum, Prof. Dr. Henri Subiakto, SH., MA., serta Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi, Eko Sulistyo dan juga Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri, Teguh Setiabudi.

M. Lutfi Handayani, MM., MBA, selaku Ketua Penyelenggara dan Pemimpin Redaksi majalah It Works, menjelaskan, bahwa kegiatan TOP IT & TELCO ini diikuti oleh 200 perusahaan dan instansi terbaik yang direkomendasikan oleh para pakar IT TELCO, lalu terpilih 150 perusahaan finalis. Dari keseluruhan finalis, setelah dilakukan metode penilaian terpilihlah 87 pemenang yang terdiri dari perusahaan swasta dan instansi pemerintah Indonesia. Adapun metode penilaian tersebut terdiri dari tiga (3) langkah yaitu, pertama adalah penyebaran dan pengisian kuesioner serta wawancara penjurian untuk menilai keberhasilan implementasi dan pemanfaatan solusi IT & Telco. Kedua, kuesioner dan riset tentang rekomendasi user IT & TELCO untuk penilaian kategori business solution, dan ketiga adalah market research di enam kota besar yaitu Jabodetabek, Surabaya, Semarang, Medan, Makasar, dan Balikpapan, mendapatkan index penilaian customer/ masyarakat terhadap produk-produk IT & TELCO. Untuk penghargaan yang diterima oleh masing-masing pemenang diberikan per sektor bisnis, mengingat kompleksitas masing-masing sektor usaha adalah berbeda-beda.

"Dengan diberikannya penghargaan TOP IT & TELCO 2018 ini yang kedua kalinya, bukan untuk membuat kita cepat puas diri tetapi justru menjadikan hal ini sebagai motivasi untuk kita dapat terus maju dan berinovasi dalam bidang IT agar dapat lebih baik lagi", ujar Imam Rofii, System Application & Infrastructure Department Head FiberStar. Bapak Prof. Dr. Henri Subiakto, SH., MA., juga menambahkan bahwa melalui solusi IT ini bukan hanya persoalan teknologi semata namun persoalan bagaimana kita dapat merubah masyarakat (social engineering). Hal ini merupakan tindakan penting dalam mengelola pola pikir masyarakat untuk dapat berkolaborasi dan bekerjasama dalam rangka mendukung pemerintah mencapai "Making Indonesia 4.0" sebagai roadmap (peta jalan utama) menuju era Industri 4.0 yang sarat dengan penggunaan teknologi informasi dan digitalisasi IoT (internet of thing). Diharapkan melalui usaha-usaha implementasi solusi IT yang dilakukan oleh FiberStar dapat juga turut mendukung program pemerintah tersebut terutama dalam hal mendukung digital literasi di Indonesia.